Selasa, 25 Desember 2012

Jenis Obeng



Jenis Obeng ( Screwdriver )
Obeng umumnya diklasifikasikan sebagai slotted, Phillips kepala atau Robertson (reses persegi) kepala, dengan semua tiga jenis tersedia dengan tangkai bulat atau persegi. Obeng kualitas dihakimi oleh jenis logam di pisau, selesai dan jumlah grinding di ujung. Bahan yang digunakan dalam menangani, dan bar lampiran untuk pegangan adalah indikator kualitas lainnya.

Jika logam pisau yang berkualitas buruk, maka akan chip dan hancur di bawah tekanan. Jika ujung adalah benar tanah dan flare terlalu banyak, ia akan bangkit dari slot sekrup. Jika pisau tidak terpasang dengan kuat untuk pegangan, akhirnya akan mengendurkan dan slip di pegangan.

Obeng Tips ( Screwdriver Tips )
Berbagai tips obeng yang tersedia: teratur, lemari, Phillips, Frearson, Torx ®, kopling-kepala, hex dan berujung persegi.

Tips biasa atau slotted digunakan dengan besar, sekrup berat. Ujung yang berkobar sehingga lebih lebar dari bar pengemudi. Kualitas driver dengan tips reguler harus akurat tanah untuk keseragaman. Blades tidak harus lancip terlalu tajam dari ujung karena tip benar meruncing memiliki kecenderungan untuk bangkit dari slot sekrup.
Tips Kabinet mirip dengan tips biasa, tetapi mereka memiliki suar tidak. Mereka langsung untuk digunakan dengan sekrup kecil dan sekrup countersinking mana tips biasa dengan suar akan merusak kayu atau material di samping.
Driver kepala Phillips yang digunakan pada lintas-slotted kepala sekrup dengan dimodifikasi, U-berbentuk slot lebar seragam. Ukuran berkisar dari 0 sampai 4, dengan 0 yang terkecil.
Frearson sekrup kepala yang mirip dengan Phillips. Mereka memiliki cross-slot, tetapi mereka V-berbentuk slot dengan sisi meruncing. Sementara sopir lintas-slotted akan sesuai dengan ukuran banyak jenis sekrup yang dimaksudkan, yang terbaik adalah untuk menggunakan driver dari ukuran yang tepat.
Torx ® Sistem penggerak menyediakan enam permukaan hard lobular dikawinkan dari lobus dari mengemudi dan elemen didorong. Permukaan hard memiliki sisi vertikal yang memungkinkan aplikasi torsi maksimum untuk menjamin kekuatan penjepit diandalkan.
Clutch-head Tips memiliki empat titik kontak. Mereka mengunci kepala sekrup ketika dinyalakan berlawanan arah jarum jam. Sopir dibuka dengan memutarnya ke arah yang berlawanan. Karena banyak titik kontak, ujung tidak akan merusak kepala sekrup.
Hex (heksagonal) tips digunakan dalam pekerjaan perbaikan di bidang elektronik, terutama di radio dan perbaikan televisi. Mereka digunakan untuk mengencangkan sekrup soket set dan biasanya datang dalam set. Beberapa set melekat dan lipat menjadi kasus logam membawa. Variasi lainnya termasuk alat hex berbentuk T dengan grip vinil dan T-berbentuk kunci untuk daya torsi yang lebih besar.
Square-tipped (Robertson) obeng telah menjadi lebih umum baru-baru ini karena meningkatnya do-it-yourself proyek decking. Para obeng memiliki kepala persegi dan berbagai ukuran dari 0 sampai 3 dan jumbo. Kepala persegi di pengemudi membantu pegangan sekrup di keempat sisinya untuk memberikan torsi maksimum.
Multi-bit obeng  (Multi-bit screwdrivers ) memungkinkan pengguna untuk memiliki beberapa jenis tips dalam satu  alat. Beberapa produk menjaga bit dipertukarkan dalam sebuah unit mandiri.
 Obeng Offset (Offset screwdrivers )dirancang untuk menghapus dan memasukkan sekrup di tempat di mana tidak mungkin untuk menggunakan obeng shank lurus. Mereka tersedia dalam banyak kombinasi slotted dan tips kepala Phillips dan dengan mekanisme jenis ratchet.
Sumber: xlusi.com

Artikel terkait: Alat otomotif
                      Tips motor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar